Senin, 20 Maret 2023

Lokakarya Penyusunan Modul Ajar Mata Pelajaran Matematika


Adiwena – Seiring dengan perkembangan zaman, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerapkan Kurikulum Merdeka dalam rangka pemulihan pembelajaran setelah dilanda Pandemi Covid-19. Penerapan Kurikulum Merdeka berimplikasi terhadap perubahan perangkat pembelajaran yang harus disiapkan oleh guru salah satunya adalah modul ajar. Fakta yang ada belum semua guru matematika di Kabupaten Tegal bisa memahami dan mampu menyusun modul ajar sesuai dengan khas mata pelajarannya.

Guna mengakomodir animo guru matematika di Kabupaten Tegal untuk lebih memahami konsep penyusunan modul ajar, MGMP Matematika Kabupaten Tegal menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan Modul Ajar Mata Pelajaran Matematika. Lokakarya diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2023 di Aula SMP Negeri 5 Adiwerna. Lokakarya ini diikuti oleh guru matematika yang mengampu kelas VII dan kelas VIII sebanyak 100 peserta.

Lokakarya ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal, Akhmad Was’ari, S.Pd., M.M. Dalam sambutannya Was’ari menyampaikan bahwa guru matematika harus lebih meningkatkan kualitas pembelajarannyanya, agar peserta didik lebih tertarik untuk belajar matematika. Pembelajaran yang menarik bermula dari penyusunan perencanaan yang baik yang tertuang dalam modul ajar.

Lokakarya ini menghadirkan dua orang narasumber yaitu Kepala Seksi Kependidikan SMP Dinas Dikbud Kabupaten Tegal, Mahmudin S.Ag. dan Widyaiswara Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Tengah, Mulyati, S.Pd., M.M. Materi yang disampaikan pada Lokakarya ini adalah Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka Kabupaten Tegal, Pengembangan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Pengembangan Modul Ajar, Pengembangan Asesmen Pembelajaran, dan Praktik Penyusunan Modul Ajar.

Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, guru matematika di Kabupaten Tegal dapat memahami konsep penysusunan modul ajar dan dapat menyusun modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah serta dapat mengimplementasikannya pada kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Tidak ada komentar: